Notify Message
Forums
Page 1
Search
#13428870 Sep 07, 2017 at 02:24 PM · Edited 4 years ago
Core Raiders
4 Posts
What u give is what u get





Halo dan selamat datang di guide PVE mage TTW. Jadi sebelum kita masuk ke guidenya, perkenalkan i'm a noob IGN puuhi. saya akan membagi pengalaman2 yang saya ketahui tentang TTW mage. Jika guide ini membantu kalian mohon dikasih likenya dan jika terdapat kekurangan dalam guide tersebut jangan sungkan untuk menambahkanya di bagian comment. Ok kita langsung saja ke guide tersebut.

Index:
  • Intro
  • Status
  • Talent
  • Gemming
  • Gearing
  • Rotation
  • Flask,Potion
  • Addons
  • Proffesion
  • What To Do in raids
  • Conclusion

Intro
Jika kalian mendengar orang-orang suru kalian jadilah TTW mage keren itu dan dpsnya tinggi dll. Akan tetapi terdapat orang tidak mengetahui apa arti dari TTW, nah jadi TTW itu adalah Torment The Weak yang terdapat di bagian skill arcane. Jadi, apa saja untungnya menjadi mage TTW?
  1. High DPS/RNG BASED
  2. Long Range Attack
  3. Versatile Movement
  • Jadi dari list diatas, mage merupakan class yang akan selalu berada di top DPS, kenapa? karena mage menggunakan RNG(Random Number Generator) atau bisa kita bilang "HOKI" sehingga termasuk ke dalam top dps.
  • Kegunaan mage juga terdapat dalam range yang jauh sehingga bisa menghindari berbagai rintangan yang terdapat di encounter boss fight tertentu. Terdapat skill yaitu Flame Throwing yang kalian bisa temukan di skill fire yang menambahkan jarak spell api sejauh 6 yards.
  • Dan ketiga versatile movement, jadi mage terdapat beberapa skill yang dapat digunakan terutama blink dan ice block sehingga bisa menghindari damage-damage yang tidak diperlukan.
Nah dari situ kita mengetahui kegunaan mage akan tetapi mage juga terdapat beberapa kekurangan yaitu :
  • High aggro : karena mage hanya class yang biasa disebut just dps, aggro mage pun itu sangat tinggi terutama spec TTW. Sehingga kalian harus dapat menjaga threat kalian ketika menggunakan class mage tersebut.
  • Crit dependent : mage sangat bergantung dengan critical spell , seringlah berdoa sebelum raid untuk mendapatkan crit 100% LEL.

Status
Sebelum kita mencari gear apa yang bagus untuk mage kita harus perhatikan status dari gear tersebut sehingga stats priority kalian adalah untuk memenuhi HIT RATING> SPELLPOWER >= CRITICAL > HASTE>SPIRIT.
Hit Rating : jadi hit rating harus dipenuhi yaitu minimal 14% kenapa? karena jika dibawah 14% maka spell kalian dapat miss ke boss maupun adds sehingga hit rating harus sampai 14%. Akan tetapi hit rating yang kalian inginkan secara betul adalah 17%, jadi kenapa saya bilang hit rating minimal 14? karena ada buff dari class lain yang bernama shadow priest / druid boomkin yang dapat menambahkan hit rating(SPELL) ke raid sebesar 3% sehingga kita hanya perlu mencapai hit rating minimal 14%. Dan terdapat juga shaman yang menambahkan hit rating sebesar 1% akan tetapi ini berlaku hanya kepada 1 party/grup.
SpellPower : Damage dari sebuah caster terutama mage pasti ada di spellpower yang akan kalian dapatkkan dari gear sehingga kalian tidak harus khawatir dengan status ini.
Critical : Nah disitu merupakan status yang kita bisa bilang RNG/hoki, karena damage mage sangat bergantung kepada Critical. Kenapa critical? karena mage terdapat skill di Fire yaitu bernama "HOT STREAK" ketika terdapat 2 critical non periodic/ instan spell akan ngeproc atau mengubah pyroblast yang dapat di cast secara instant dan akan menaikkan damage ignite 2x lipat. Kalau begitu berapa % critical yang kalian harus capai?, usahakan untuk mendapatkan critical yang melebihi 60% ) untuk mendapatkan proc pyroblast yang banyak dalam encounter fight.
Haste: haste digunakan untuk mempercepat casting spell kalian sehingga akan memaksimalkan dps kalian. Akan tetapi terlalu banyak status dalam haste akan menyiakan atau menurunkan dps kalian.
Spirit : status ini kalian gunakan jika kalian benar-benar tidak ada item/gear yang belom bisa didapatkan. karena status ini akan menambahkan critical kalian, yaitu sebesar 35% total spirit akan di konversi ke critical. Akan menjadi 55% jika kalian menggunakan glyph of molten armor.

Talent
Talent bisa dibagi 2 tergantung playstyle kalian dan encounter setiap boss.
Link talent pve mage serta glyph :
Talent PVE mage jarak jauh
Talent PVE mage jarak deket
Perbedaan dari 2 talent tersebut sudah jelas yaitu jarak kalian dapat casting spell. Nah, bagusan yang mana sih kalo gitu? tergantung encounter setiap boss, karena perbedaannya hanya pada Flame Throwing dan Student Of The Mind.
Notes:
  • Jadi perbedaan talent jarak jauh dengan jarak dekat adalah satu mempunyai flame throwing 6 yards dan 4% spirit student of the mind, dibadingkan dengan talent jarak dekat mempunyai flame throwing 0 yards dan 10% spirit student of the mind.
  • Kalau begitu harusnya bagusan naikin talent student of the mind full saja dong? kan dapet 10% spirit. Disini tergantung playstyle karena kita contohkan pada boss marrowgar kita ketahui bahwa dia dapat melakukan bone storm yang jurus gansing itu, disini jika kalian tidak memiliki reflex tinggi saya sarankan untuk mengambil talent yang jarak jauh sehingga dapat meminimalkan damage yang didapat dari boss tersebut. Akan tetapi jika kalian sudah biasa dengan encounter zone setiap boss kalian bisa menggunakan talent jarak dekat untuk memaksimalkan dps anda.
  • Talent jarak jauh itu sangat berguna untuk anda kenapa? Kita beri contoh jika kalian merupakan TOP DPS pada raid anda, pasti 70% threat akan beradu2 dengan tank sehingga bisa lepas threatnya. Nah kegunaan jarak jauh disini adalah memberi waktu anda jika threat tersebut lepas dari tank, kalian bisa menggunakan jarak boss ke posisi anda yang jauh itu untuk melakukan ice block.


Gemming :
  • untuk gemming gear saya secara pribadi akan mencolok Potent Ametrine untuk slot merah kuning jika gear kalian masih belom bagus.
  • Untuk meta gem coloklah Chaotic Skyflare Diamond ini merupakan gem wajib untuk dicolok dalam meta slot
  • untuk slot biru akan saya colok Purified Dreadstone
  • Selalu maksimalkan bonus slot warna gem karena akan sangat menaikkan spellpower kalian.
Untuk gear yang sudah bagus kalian dapat mencoba sendiri gem apa yang cocok atau dibutuhkan dengan gear yang kalian punya.

Gearing:
Jadi kalian sudah mengetahui status apa saja yang kalian butuhkan, nah untuk mage yang baru fresh lvl 80 :
  • kalian seringlah RDF NM atau menyelesaikan quest-quest untuk mendapatkan item dan GOLD seadanya. Dan jangan lupa untuk melakukan icc rep farm untuk mendapatkan item cincin gratis dari ICC yang akan kalian gunakan ampir END game.
  • Tujuan kalian adalah untuk mendapatkan gear sehingga kalian bisa melakukan RDF HC. Nah jika kalian sudah bisa RDF HC lakukanlah setiap hari karena akan mendapatkan EOT (Emblem of Triumph) yang kalian bisa tukarkan untuk item set T9 , cincin, trinket di dalaran. Pertanyaan kapan saya bisa nge raid seperti TOC ? ICC?. Tunggulah gearscore kalian sudah menyampai 4.8 keatas sehingga dapat diajak untuk raiding toc 10nm maupun toc 25nm.
  • Jika kalian sudah bisa ngeraid toc10,maupun 25 dan icc 10 dan 25. Usahakan untuk mendapatkan gear sesuai status priority yang sudah dijelaskan di atas.

Rotation :
Untuk rotasi spell terdapat banyak variasi : fireball(fb),living bomb(lb), pyroblast(pyro), scorch(sc)
Rotasi untuk orang yang masih belom mendapatkan 4 set t10:
  • lb-> fb -> fb -> (jika proc pyro silakan gunakan) mirror image -> combustion -> fb -> fb -> (pyro jika proc) kalian dapat menggunakan fireblast untuk mendapatkan critical hoki2an karena haste kalian belom maksimal sehingga akan melambatkan dps kalian.
Rotasi untuk orang yang sudah mendapatkan 4 set t10
  • fb->fb->(jika proc hot streak disini gunakan pyro) -> lb -> mirror image -> combustion -> fb -> fb -> dan seterusnya melakukan fb dan gunakan pyro jika proc.
  • lb-> fb -> fb -> (jika proc pyro silakan gunakan) mirror image -> combustion -> fb -> fb -> dan seterusnya melakukan fb dan pyro jika proc
Notes :
  1. JIka kita lihat kita tidak langsung menggunakan spell mirror image dan combustion kenapa? Karena kalian akan menggunakan fb awal tersebut untuk nge trigger trinket kalian sehingga kalian dapat memaksimalkan dps. Dan selalu refresh LIVING BOMB ketika sudah habis durasinya.
  2. Kenapa tidak menggunakan scorch? disini merupakan hal yang penting kalian ketahui, jika terdapat sebuah class "WARLOCK" yang menaiki skill improved shadow bolt, kalian tidak perlu melakukan scorch karena akan bertabrakan/tidak stack. Sehingga kalian tidak perlu menggunakan scorch dalam rotasi kalian. Untuk info raid buff kalian bisa melihat di RAID BUFF IN A NUTSHELL
  3. Kalau tidak ada Warlock gimana? nah kalau tidak ada warlock di raid kalian, kalian bisa melakukan scorch dengan sendiri dengan rotasi LB->Scorch->fb->mirror image->combustion -> seterusnya.
  4. Kalau ada 2 atau lebih mage TTW di raid gimana scorchnya? Nah kalian hanya perlu 1 mage (usahakan yang paling kecil DPS nya untuk melakukan scorch) kenapa low dps yang disuru scorch? ya seperti yang dijelaskan karena orang tersebut low dps sehingga daripada memaksakan rotasi tanpa scorch tapi tetep low dps , mendingan sumbanglah scorch untuk para top dps sehingga raid encounter berjalan dengan lancar.
  5. Ini merupakan hal terpenting setiap orang memiliki rotasi yang berbeda-beda, yang ada di list atas merupakan salah satu contoh rotasi yang dapat dimainkan.
  6. Tambahan untuk para pemain mage adalah ketika encounter terkadang ketika living bomb sudah mau habis dapat ngeproc critical sehingga situasi terbaik adalah ketika kalian menggunakan FB dan LB habis (proc hot streak) itu merupakan hal terbaik, akan tetapi terkadang ada situasi kita menyiakan proc dari LB yang sudah habis meskipun itu dapat ngetrigger hot streak tambahan. Sehingga kalian harus membiasakan rotasi yang dapat menambahkan proc terbanyak.
  7. Jika kalian sudah memiliki 4 set t10 maka kalian akan mengetahui bahwa mirror image akan memberi damage tambahan kepada dps kita sehingga kapan dipakainya? pakailah pada awal fight dan ketika heroism. Untuk encounter tertentu seperti Proffesor Putricide atau Anubarak kita bisa mengetahui bahwa heroism pasti akan dipakai pada phase terakhir sehingga bjiak2lah menggunakan CD mirror image kalian.

Flask,Potion
Kegunaan flask dan potion sangatlah penting dalam encounter boss jika kalian ingin memaksimalkan DPS kalian. Flask merupakan item wajib digunakan untuk raid-raid penting seperti icc 25 main run jadi gunakanlah FLASK jgn pelit!!.
  • Untuk flask wajib menggunakan Flask of the Frost Wyrm, flask ini memberikan SP sebesar 125 untuk 1 jam sehingga gunakanlah setiap kali kalian mau ngeraid.
  • Untuk potion terdapat 2 potion yang saya sarankan yaitu Potion of Speed dan Potion of Wild Magic
  • Nah potion juga merupakan hal penting dalam memaksimalkan DPS, jika kalian masih kekurangan haste maka gunakalah potion of speed karena itu menambahkan haste rating sebesar 500 dalam 15 detik. Dan jika kalian memliki haste yang cukup besar gunakanlah potion of wild magic karena menambahkan critical sebesar 200 dan spellpower 200 dalam 15 detik. Akan tetapi potion yang akan sering digunakan pasti potion of speed dikarenakan haste mage TTW tidak terlalu besar.
  • Gunakanlah flask sebelum encounter, dan jika kalian bukan orang yang "PELIT" maka gunakanlah POTION sebelum encounter contoh: jika encounter akan mulai dalam 3 detik maka gunakalah potion yang kalian inginkan sebelum encounter tersebut mulai sehingga kalian dapat menggunakan 2 potion dalam 1 encounter tersebut. Kenapa sebelum encounter? karena 1 potion hanya dapat digunakan sekali dalam 1 encounter yang sudah dimulai sehingga untuk memaksimalkan dps kalian gunakanlah sebelum encounter mulai dalam waktu sekecil mungkin yaitu 3 detik ataupun 2.
  • Akan tetapi kalian bisa menggunakan potion of wild magic ketika HEROISM karena terdapat haste yang cepat dari buff tersebut. Tetapi saya lebih cenderung selalu menggunakan potion of wild speed maupun di heroism hehehe.

Addons
Addons yang dapat digunakan yaitu :
  • DBM(Deadly Boss Mods) : WAJIB dipakai download saja sudah LOL. Berguna sebagai bantuan event alert seperti boss akan mengeluarkan spell apa, terdapat debuff apa dan lain lain.
  • Bartender 4 : kegunaan ini dapat mengubah UI sesuai yang kalian inginkan sehingga nyaman ketika menggunakan spell-spell yang kalian inginkan.
  • Quartz : Sangat dianjurkan memakai ini karena ini memberi kita customize Casting bar yang sangat membantu kalian. Kegunaan addons ini dapat memberi tahu kapan harus memakai/klik spell lagi karena ada bar merah yang diberikan oleh addons tersebut.
  • Grid: digunakan untuk melihat buff-buff apa saja yang terkena di raid atau melihat berapa banyak orang yang masih hidup dll.
  • Omen : sangat disarakan untuk menggunakan karena threat mage sangat besar sehingga pakailah untuk menyelamatkan nyawa kalian.
  • Recount : digunakan untuk ngetracking berapa dps/heal dll dalam encounter.
Addons tersebut kalian dapat download di : disini nih


In progress...

Proffesion

What To Do In Raid

BIS items

+4
Page 1