Notify Message
Forums
Page 1
Search
#13555445 Dec 05, 2017 at 05:17 PM · Edited over 3 years ago
Core Raiders
4 Posts
Guide ini akan membahas hal-hal detail yang akan dilakukan dalam setiap encounter boss tertentu ( Fokus terhadap 25 man).

  • Lord Marrowgar :
  1. Marrowgar ada 2 phase :
  2. phase 1 dia akan melakukan serangan ke tank dan melakukan casting spell api yang harus dihindari(cold flame), dan bone spike ke 1 orang member (jika 10), dan 3 orang member (jika 25). Phase 2 marrowgar akan melakukan bone storm, yaitu spell damage aoe secara physical/ fisik dan akan bergerak dan ngetarget 1 benda/orang yang paling jauh dari marrowgar tersebut. Untuk difficulty heroic marrowgar akan tetap melakukan spell bone spike ketika bone storm, untuk normal tidak melakukan bone spike.
  3. taktik encounter di marrowgar pada phase 1
  4. Untuk semua raid member termasuk melee dps, range dps, healer akan berkumpul di 1 titik dibawah boss marrowgar. Kenapa harus kumpul di bawah boss? Karena ada celah yang sangat sedikit untuk menghindari api marrowgar sehingga kalian tidak perlu bergerak kanan kiri untuk menghindari api marrowgar tersebut, ingat celah posisi di bawah boss marrowgar harus benar2 tepat sekali dikarenakan kalau posisi kalian berada terlalu depan boss kalian akan mendapatkan cleave AOE dan kemungkinan akan mati, dan tidak terlalu belakang juga karena titik api muncul berada disitu. Salah satu keuntungan untuk kumpul di bawah boss tersebut ialah spell dari BONE SPIKE, sehingga para MELEE dps dapat cleave damage untuk menyelamatkan teman2 dari raid member dari bone spike. Sehingga RDPS/caster bisa fokus kepada boss. Akan tetapi untuk 1 class unik yaitu hunter, hunter tidak akan stack/berkumpul dibawah boss marrowgar karena jarak serangan hunter tersebut. Sehingga hunter akan berdiri agak belakang dari raid tersebut akan tetapi jangan terlalu jauh dan mencar.[Gambaran posisi awal encounter marrowgar
  5. Taktik encounter di marrowgar pada phase 2
  6. Ketika marrowgar akan melakukan bone storm, seperti kita ketahui marrowgar akan mengtarget 1 benda/member paling terjauh sehingga jika BUG totem masi berjalan maka marrowgar akan bone storm ke arah totem tersebut. Apa yang harus kita lakukan jika marrowgar tidak charge totem? maka ia pasti akan charge hunter atau diam di tempat. Sehingga terdapat 2 situasi yaitu :
  7. Marrowgar charge totem: maka kalian hanya perlu berdiri di tengah ruangan!!! simple as that, untuk Normal mode para range caster akan target marrowgar di tengah ruangan maupun healer. Untuk melee dps akan mengikuti ke arah marrowgar tersebut. Nah bagaimana jika dalam mode heroic mode? untuk heroic mode kita ketahui bahwa marrowgar akan tetap melakukan casting spell bone spike dalam bone stormnya. Sehingga untuk pada RDPS akan fokus DPS boss tersebut, dan untuk para melee akan menyelamatkan orang-orang yang terkena bone spike, kenapa harus melee yang serang bone spike? karena untuk efisiensi damage terhadap boss, kita ketahui bahwa jarak boss dalam bone storm lumayan jauh sehingga akan memakan waktu untuk melee dps berjalan ke boss tersebut.Ketika semua bone spike sudah tidak ada melee dapat dps boss seperti biasa. Untuk tank usahakan posisi kalian berada di paling jauh raid. Seperti ini Gambar Posisi ketika bone storm dalam situasi totem
  8. Marrowgar tidak charge totem : jika pada encounter phase 2 ketika marrowgar akan melakukan bone storm dan tidak mengtarget totem maka target marrowgar akan pasti menuju hunter sehingga dalam situasi seperti ini maka terdapat 2 solusi yaitu hunter akan menjadi target paling jauh atau pengganti totem dalam bone storm. Sehingga tugas hunter ialah berdiri di belakang untuk marrowgar menuju tempat hunter dan hunter tersebut dapat menghindar dengan menggunakan disengage ke arah raid. Akan tetapi dalam mode heroic ini merupakan hal resiko karena hunter dapat kena bone spike sehingga bisa kena kombo bone spike,bonestorm, dan coldflame. Sehingga salah satu tugas tank yaitu 1 tank akan berdiri di ujung ruangan masing2 seperti ini Gambaran ketika tank menjadi pengganti totem
  9. Untuk healer : dikarenakan raid semua berdiri dibawah boss dalam phase1, heal tank dan orang yang terkena bone spike saja akan tetapi jaga2 untuk heal orang yang tidak berada persis dibawah boss. Salah satu contohnya adalah heal hunter yang berada lumayan jauh dari raid. Untuk phase 2 dalam normal mode heal raid seperti biasa dan hindari api saja, selalu proc trinket dan proc skill instant pada phase ini, dan usahakan untuk menggunakan salah satu untuk di proc, contoh : jika kalian menggunakan proc trinket pada bone storm 1 maka simpanlah skill instant kalian untuk bone storm ke 2. Setelah phase 2 selesai maka kumpul kembali ke bawah boss.
  10. Untuk Melee dps : kerjaan kalian adalah cleave/damage bone spike yang terdapat pada phase1, untuk phase 2 normal mode kalian akan serang boss seperti biasa, akan tetapi untuk heroic mode tugas utama kalian adalah menyelamatkan teman2 dari bone spike, jika bone spike sudah tidak ada dps boss seperti biasa dan kembali ke posisi dibawah boss ketika bone storm sudah selesai.
  11. Untuk Range dps : kerjaan kalian adalah dps on boss untuk phase 1 dan pada situasi tertentu yaitu BONE SPIKE terdapat pada hunter maka tugas kalian sebagai RANGE dps untuk menyelamatkan hunter tersebut. Untuk phase 2 kalian akan full dps on boss karena kalian dapat menggunakan range tersebut untuk efisiensi dps terhadap boss. Reminder karena kalian menyerang boss secara penuh dalam phase 2 jgn lupa untuk melihat aggro kalian jgn sungkan untuk meminta Hand Of Salvation atau menggunakan skill-skill yang dapat menurunkan threat kalian, Contoh: hunter (feign death), mage(invisibility), warlock(soulshatter), dll.
  12. Untuk tank : gunakan DEFENSIVE cooldown kalian atau trinket pada phase 1. Jangan pernah menggunakan defensive kalian pada bone storm karena kalian sebagai tank tidak akan terkena damage terlalu besar pada phase 2. Akan tetapi untuk paladin gunakanlah divine sacrifice pada phase ini untuk meringankan beban healer. Pada situasi ketika marrowgar tidak charge totem maka salah satu dari tank akan menuju ruangan yang di ujung sehingga marrowgar akan charge kepada tank menuju tank.
  • Lady Deathwhisper :
  1. Lady Deathwhisper ada 2 phase :
  2. phase 1 lady deathwhisper akan nge summon adds berjumlah 3 pada sisi kiri dan sisi kanan dan 1 adds dari belakang pintu di normal mode maupun heroic mode. Perbedaannya ada kepada MC(Mind Control) yang akan dikenakan kepada raid member. Untuk Normal mode MC hanya kepada 1 member, akan tetapi untuk heroic mode akan kepada 3 member. MC bersifat random sehingga bisa terkena tank juga. MC akan selalu ada sampai encounter selesai.
  3. Jadi kerja MC seperti dijadiin prajurit lady deathwhisper dalam durasi tertentu, contoh yang terkena MC tidak dapat melakukan apa2 sehingga kalian hanya bisa menunggu waktu durasi MC selesai, akan tetapi orang yang terkena MC harus segera di CC(Crowd Control) seperti cyclone(druid),hammer of justice(paladin) akan tetapi diutamakan yaitu cyclone(druid) kenapa? karena cyclone druid akan membuat karakter tersebut immune kepada damage magic maupun fisik. Lalu kenapa harus di CC? emangnya MC ngapain? jadi orang yang terkena MC ada tambahan lagi yaitu dia dapat menyerang raid member lainnya sehingga kalian bayangkan saja jika ada 1 MELEE dps yang menggunakan SHADOWMOURNE tidak di stun atau di cyclone ato di hex dll seperti itu dia dapat memukul teman raid member lainnya yang biasanya terkena 1 shot dari pukulan tersebut. Sehingga disarankan ketika waktu MC sudah mau muncul kalian nge spam tombol CC kalian mau itu hex mau itu fear mau itu stun dll, anggap saja tangan kalian sudah siap pada tombol CC tersebut. Dan orang yang terkena MC dapat dibunuh oleh raid member yang tidak terkena MC jadi berhati2 lah !!!
  4. Pada awal encounter para dps fokus terhadap boss dan para healer maupun rdps berdiri agak maju dekat boss. Posisi awal raid bisa dilihat seperti http://ibb.co/hU3GTb. Kenapa harus raid berdiri agak maju? karena terutama kepada HEALER akan terkena aggro pada adds yang muncul dari belakang sehingga untuk menghindari kematian para healer disarankan untuk berdiri agak maju sehingga tank bisa mendapatkan aggro dari adds yang muncu dari belakang tersebut. Dan disarankan jika terdapat 2 hunter maka 1 hunter akan melakukan MD ke tank kiri dan 1 nya MD ke tank kanan sehingga aggro adds tidak terlepas dari tank. Kenapa harus masi di MD? karena kita harus membunuh addsnya secepat mungkin dikarenakan para adds dapat melakukan spell-spell seperti dark marthydom yang dapat melakukan damage meledak kepada raid, curse of torpor yang menambahkan cooldown dari spell2 kita dll, maksud dari menambahkan cooldown anggap sebuah healer terkena curse of torpor dan tidak langsung di dispell maka jika dia melakukan suatu spell seperti holy light(paladin) maka ia akan terkena cooldown 15 detik/ tidak bisa memakai holy light selama 15 detik. Nah jika salah satu member mendapatkan debuff seperti curse of torpor maka disarankan langsung di dispell debuff tersebut, salah satunya yang dapat menghilangkan debuff tersebut ialah paladin dengan cleanse atau mage dengan remove curse atau resto shaman dengan cleanse spirit dll.
  5. Pokoknya adds merupakan hal utama dalam encounter di boss ini. Jadi tank akan mengambil aggro adds yang dari kiri dan kanan dah dari belakang pintu dan dijadikan 1 yaitu di tengah sehingga para DPS melee maupun range dapat melakukan AOE damage ke adds tersebut. Lebih baik jika para melee yang mempunyai spell stun digunakan kepada adds tersebut. Akan tetapi seperti kita ketahui bahwa ada spell tambahan yaitu MC yang akan berlangsung pada phase 1 maupun 2, sehingga jika kalian melihat waktu MC pada dbm sudah mau muncul yaitu 5 detik, maka kalian wajib untuk menghindari AOE damage seperti consecration (paladin), death and decay dll. Ketika sudah mendekat 3 detik maka para dps yang melakukan aoe seperti blizzard(mage), volley(hunter) harus segera berhenti dikarenakan dapat membunuh teman kalian yang terkena MC.
  6. Jadi seperti kita ketahui untuk phase 1 kita hanya fokus kepada ADDS sehingga kalian wajib mendengarkan raid leader kalian kapan untuk stop DPS boss atau push DPS ke boss. Nah untuk phase 2 terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk Normal mode ADDS tidak akan muncul lagi dan boss akan bergerak dan AGGRO akan ke reset ke 0 sehingga DPS harus berhenti disini untuk memberi tank aggro sebesar2nya karena boss mempunyai debuff kepada orang yang mendapatkan aggro tertinggi yaitu Touch of insignifance, yang memberi debuff atau gampangnya mengurangi THREAT kepada tank sebesar 20% setiap stack. Maksimal stack tersebut adalah 5 yaitu 100% sehingga jika kalian melihat tank sudah mendapatkan stack sebesar 5 , tank tersebut tidak dapat menambahkan threat kepada boss sehingga tank hanya bisa mendapatkan threat dari Misdirection hunter atau Tricks of the trade dari rogue. Akan tetapi karena ini normal mode, boss bisa di taunt / tidak immune ke taunt sehingga kalian bisa santai nge dps boss tersebut. Tetapi kalian harus memperhatikan posisi kalian ketika nge DPS boss tersebut karena akan muncul seperti hantu2 yang akan bermunculan secara random sebanyak 3 hantu. Nah hantu tersebut biasanya akan mengarah secara random sehingga kalian wajib memperhatikan diri kalian dan sekitarnya sehingga jika hantu2 tersebut sudah muncul kalian stop DPS dan fokus lari dari hantu tersebut karena jika hantu tersebut menabrak kalian, maka kalian akan terkena damage yang besar 23160-24840 shadowfrost damage. Sehingga yang paling bikin banyak wipe di boss ini adalah hantu2 tersebut karena damage hantu cukup jauh sehingga bukan 1 orang doang akan tetapi sekitarnya juga terkena dari damage tersebut. Selain itu kalian hanya perlu dps boss dan selesai. Nah jadi posisinya gimana untuk raid? kalian dapat melihat dari sini Posisi phase 2..., nah dari gambar tersebut (R= Range , M = melee , T=tank , H= healer) kalian dapat melihat bahwa kita semua tersebar dalam ruangan tersebut sehingga ini untuk meminimalkan terjadi damage yang tidak diinginkan dari hantu2 tersebut. Jadi ketika phase 2 muncul kalian stop dps dan berdiri kepada posisi2 tertentu jika sudah ditentukan raid leader, jika tidak ditentukan raid leader carilah tempat kosong untuk para RDPS /healer karena jika para healer berdiri di 1 tempat maka kemungkinan terjadi wipe besar karena healer akan meledak kena hantu :). Selain itu masih terdapat MC kepada 1 orang dan kalian hanya perlu CC orang tersebut.
  7. Untuk Heroic mode posisi raid sama persis dengan normal mode akan tetapi kita akan bahas yang paling utama yaitu MC kepada 3 orang , ini merupakan hal yang susah karena MC tersebut random sehingga ketika kalian melihat bahwa MC sudah mendekat kalian harus siap melakukan CC Kepada orang tersebut. Terutama kepada MELEE ini merupakan hal yang susah karena melee terdapat banyak cleave sehingga kalian harus sigap melakukan CC. Setelah itu bedanya ADDS akan tetap spawn hanya dari 1 sisi, maka kalau adds muncul dari kiri, selanjutnya akan muncul dari kanan sehingga OT harus wajib fokus karena THREAT adds pasti akan ke healer sehingga tank harus berdiri di posisi dekat healer untuk menghindari healer nya mati. Tetapi OFF tank dapat terkena MC juga sehingga jika kalian para healer melihat off tank terkena MC kalian bercobalah menjauh dari adds tersebut dan MAIN TANK mencoba2 mendapatkan aggro dari adds tersebut. Selain itu terdapat juga hal BONUS yaitu boss akan IMMUNE ke taunt sehingga kalian para DPS MANIAK harus menjaga threat kalian, kenapa harus menjaga threat ? karena jika kalian melewati threat dari MAIN TANK , maka main tank tersebut dapat terkena MC sehingga aggro nya akan instant menjadi 0. Ya akan menjadi 0 atau reset sehingga kemungkinan besar akan wipe. Jadi disarankan kalian para DPS melihat aggro, jika sudah besar threat kalian maka kalian pindahlah DPS kalian ke ADDS yang muncul, nah jika kalian sudah menyelesaikan adds dan threat kalian masih besar ? maka kalian hanya perlu DIAM diri tidak perlu ngapa2in lagi, PERCAYALAH kepada teman kalian/raid member untuk melakukan DPS kepada boss sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  8. RECAP untuk TANK: untuk normal mode 1 tank akan berdiri di kiri, 1 tank di kanan dan 2 tank tersebut akan memposisikan adds di tengah. untuk phase 2 MAIN tank akan mengambil boss ke tengah dan menggunakan burst damage disini sehingga mendapatkan aggro sebesar2nya, untuk off tank kalian siap2 mengambil boss/ taunt boss tersebut karena normal dapat di taunt. Untuk HEROIC mode untuk adds sama persis seperti NM , bedanya hanya pada phase 2 yaitu MT harus selalu nge burst boss untuk mendapatkan aggro sebesar2nya sehingga jika phase 2 mulai MAIN tank gunakanlah offensive cooldown jika punya, dan off tank siap2 mengambil aggro dari adds yang muncul dari samping, jika OFF tank terkena MC maka MT harus siap2 membantu taunt adds yang ada disamping untuk menghindari healer terkena aggro dan mati.
  9. RECAP untuk DPS: phase 1 kalian dps seperti biasa dan menggunakan aoe kepada adds secepat2nya, pintar2lah menggunakan AOE kalian ketika MC sudah mau muncul, fokus kalian adalah kepada adds untuk phase 1 dan dapat CC teman2nya. Ketika mau memasuki phase 2 kalian BERHENTI dps secara full dan berdiri ke posisi masing2 dan menunggu boss berdiri di tengah ruangan dan kalian mulai dps. Fokuslah kepada encounter sehingga jika terdapat hantu yang mau muncul kalian hindarilah dulu dibandingkan nge dps boss. Jika threat kalian sudah besar maka kalian fokuslah dps kepada ADDS, jika MC sudah mau muncul maka kalian fokuslah nge cc temannya dan berhenti melakukan AOE. Jika teman2 kalian terdapat debuff maka kalian bantu2lah menggunakan dispell sehingga mempermudah teman2 kalian/ healer, akan tetapi biasanya disco priest dapat melakukan mass dispell yang cepat sehingga tidak perlu membantu dispell. Hal terpenting adalah mempercayai teman-teman kalian karena hal paling penting ialah menjaga aggro kalian di boss, jika sudah mendapatkan aggro yang besar maka kalian berhenti sajalah tidak melakukan apa2 juga tidak apa-apa.
  10. RECAP untuk healer : phase 1 berdiri agak majuan, dan heal tank dan raid jika raid tersebut terkena damage, jangan melakukan overhealing di phase 2 karena kalian akan membutuhkan MANA yang banyak pada phase 2 karena phase 2 merupakan phase dimana damage paling banyak akan muncul. Untuk phase 2 healer harus sigap menghindari hantu karena aggro hantu dan ADDS biasanya akan ke healer sehingga sigap2lah menjadi healer. Dan jangan pernah menggunakan CD kalian pada phase 1 simpan smua CD pada phase 2 karena phase 1 tidak perlu heal terlalu banyak.
  11. Bonus karena warmane merupakan server yang sangat indah, terdapat BUG kepada MC yaitu kalian tidak perlu CC teman kalian karena teman kalian yang terkena MC tidak akan melakukan damage kepada raid member lainnya, akan tetapi orang yang terkena CC masih dapat mati jika terkena damage dari raid member yang tidak terkena MC , jadi biasanya orang yang terkena MC pada melee di CC menggunakan cyclone untuk menghindari kematian :).
  • Gunship Battle : ini merupakan encounter paling gampang / mudah , jadi gw jelasin secara pendek saja, semua raid member ambil roket pack dan 1 tank akan menjaga adds , 1 tank akan lompat ke kapal sebelah mendapatkan aggro dari saurfang, sisanya melee/range dps akan lompat membunuh battle mage yang muncul dan lompat balik lagi ke kapal. healer fokus kepada tank yang lompat ke kapal sebelah. Sisanya dps masuk ke cannon dan fokus ke axethrower dan dps ampe selesai.
  • Deathbringer Saurfang :
  • Festergut
  • Rotface
  • Professor Putricide
  • Blood Prince Council
  • Blood-Queen Lana'thel
  • Valithria Dreamwalker
  • Sindragosa
  • The Lich King
+0
Page 1